Saturday, April 4, 2015

Menganalisis Perbandingan Struktur dan Bahasa Teks Anekdot Uraian dan Dialog

Strukur Teks Anekdot Uraian
1.    Abstraksi :
Kontes Jin ini merupakan kontes Jin Internasional yang diadakan untuk menguji sejauh mana kesaktian 3 Jin finalis dan untuk menentukan siapakah Jin yang  terbaik diantara mereka bertiga. Dalam kontes ini, mereka bertiga berlomba untuk menghilangkan sesuatu dan yang menjadi kriteria penilaian dari perlombaan tersebut adalah seberapa besar benda yang sanggup mereka hilangkan.
2.    Orientasi :
Ada 3 peserta yang mengikuti kontes tersebut, mereka bertiga adalah Jin yang berasal dari Timur Tengah, Jin yang  berasal dari Jepang, dan Jin yang berasal dari Indonesia.
Jin yang berasal dari Indonesia ini cukup terbilang unik karena dilihat dari penampilannya dia memakai pakaian adat Jawa lengkap serta menggunakan bahasa dan logat khas daerah Jawa Tengah.
3.    Krisis :
Kontestan pertama yang unjuk kebolehan adalah Jin yang berasal dari Timur Tengah, ia berhasil menghasilkan pyramid dari tanah Mesir. Selanjutnya, giliran peserta ke dua yang berasal dari Negara Jepang. Dengan satu tarikan nafas saja ia berhasil menghilangkan Gunung Fuji, setelah itu ia bangga atas hasil kerjanya.
Kemudian hal yang aneh terjadi ketika Jin yang berasal dari Indonesia ini mendapat giliran untuk menampilkan aksinya. Ia terlihat berjalan ke tengah panggung dengan tergopoh-gopoh sambil membawa tumpukan berkas-berkas yang menjulang tinggi, kemudian ia menghilangkan tumpukan berkas tersebut.
4.    Reaksi :
Pada mulanya kedua kontestan tertawa, mereka menganggap bahwa menghilangkan tumpukan kertas seperti itu adalah hal yang remeh dan tidak sebanding dengan pyramid dan Gunung Fuji yang telah mereka hilangkan sebelumnya.
5.    Koda :
Namun dengan santai ditambah mimik muka yang sok, jin asal Indonesia ini berkata “Kasus korupsi hilang!!!”.





Strukur Teks Anekdot Dialog
1.    Abstraksi :
Kontes Jin ini merupakan kontes jin Internasional, yang diadakan untuk menguji sejauh mana kesaktian 3 Jin peserta dan untuk menentukan siapakah jin yang terbaik diantara mereka. Dalam kontes ini, mereka berlomba untuk menghilangkan sesuatu dan yang menjadi kriteria penilaian dari kontes tersebut adalah seberapa besar benda yang sanggup mereka hilangkan.
2.    Orientasi :
Jin asal Timur Tengah : “Selamat pagi. Perkenalkan nama saya Khlan. Saya berasal dari Timur Tengah.
Jin asal Jepang : “Ohayou Gozaimasu, perkenalkan nama saya Konichiwak, biasanya saya dipanggil Iwak.
Jin asal Indonesia : “Assalamualaikum… perkenalken name kula Kulo Nuon, biasanya kula dipanggil Kuon, kula asal Jawa Tengah…
3.    Krisis :
Jin asal Timur Tengah : “Disini saya akan menghilangkan salah satu keajaiban dunia yang pastinya anda semua mengetahuinya. BIM SALABIM…. Piramid hilang dari muka bumi ini! Hmm!! ” (dengan mimik muka yang angkuh sembari membusungkan dada).
Jin asal Jepang : “Disini saya akan menampilkan aksi saya yang terbaik… BIM SALABIM!!! Hahahaha… Gunung Fuji hilang!”
Kemudian Jin asal Indonesia tersebut turun dari panggung, setelah beberapa menit, ia pun kembali kepanggung dengan tergopoh-gopoh sambil membawa berkas-berkas yang menjulang tinggi, kemudian menutupnya dengan tirai / sebuah kain.
Jin asal Indonesia : “Disini kula ingin menampilkan aksi kula… monggo diperhatikan yoo… bapa lan ibu serta saudara sekalian. BIM SALABIM JADI APA…(PROK PROK PROK)
(TRINGGG…) berkas-berkas yang menjulang tinggi tersebut kemudian hilang entah kemana.
4.    Reaksi :
Jin asal Timur Tengah & Jepang : “ Hahahahaha…” (tertawa terbahak-bahak).
5.    Koda :
Kemudian Jin asal Indonesia itu berkata….
Jin asal Indonesia : “Kasus korupsi, hilang!!!!”
Penonton : “Hebat! Hebat!” (sambil bertepuk tangan dan bersorak sorai).




NO
BAHASA
TEKS URAIAN
TEKS DIALOG
1
Partisipan Manusia :
Peserta, Juri, Kontestan, Penonton, Pejabat, Pegawai, Pemenang.
Peserta, Hadirin, Penonton, Bapak, Ibu, Saudara, Pemenang.
2
Konjungsi Temporal :
Selanjutnya, Kemudian,
Setelah itu.
Selanjutnya, Kemudian.
3
Konjungsi Akibat :
Sontak
Sontak
4
Pengandaian :
Kontes Jin Internasional,
Jin Timur Tengah,
Jin Jepang, dan Jin Indonesia.
Kontes Jin Internasional,
Jin Timur Tengah,
Jin Jepang, dan Jin Indonesia.
5
Ungkapan :
Mustahil >< Terjadi
Mustahil >< Terjadi


No comments:

Post a Comment