Saturday, November 2, 2013

Contoh profil Negara maju yaitu Inggris (United Kingdom of Great Britain and Nothern Ireland)



Saat ini yang akan mengepost tentang salah satu contoh profil negara maju yaitu Inggris, barang siapa yang ingin mengcopynya harap sertakan sumbernya yahh :))


Inggris


Inggris disebut juga United Kingdom of Great Britain and Nothern Ireland. Alasan – alasan Inggris termasuk negara maju adalah:
a.      Menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi;
b.      Majunya sektor industri;
c.      Tingkat perekonomian yang cukup tinggi;
d.     Tersedianya sumber daya alam yang memadai, terutama di bidang pertanian dan pertambangan;
e.      Memiliki sumber daya manusia yang ahli dan terampil;
f.       Memiliki modal yang cukup untuk pembangunan;
g.      Mempunyai hubungan antar benua yang baik yang terpusat di london;
h.     Rendahnya pertumbuhan penduduknya.
Inggris merupakan negara kepulauan yang terdiri atas empat wilayah, yaitu England (Inggris),Wales, Skotlandia, dan Irlandia Utara. Jarak terdekat antara Inggris dengan daratan Benua Eropa hanya 32 km, yaitu Selat Dover. Luas wilayah Inggris adalah 244.100 km2, terletak antara 50oLU-61oLU dan 8oBB-2oBT. Kota Greenwich dekat London dilalui oleh garis bujur 0o. Kota ini dilakukan patokan (standar) penentuan waktu sedunia.



 

Batas –batas Negara Inggris
Utara     : Laut Norwegia
Timur    : Laut Utara
Selatan : Selat Inggris
Barat     : Samudra Atlantik, Republik Irlandia, dan Laut Celtic

  
 
a.      Keadaan Alam
Keadaan alamnya dapat dibagi atas dua bagian, seperti berikut ini.
1.      Bagian timur dan selatan merupakan dataran rendah. Di utara wilayah ini terdapat Pegunungan Penine yang merupakan pegunungan rendah.
2.      Bagian utara dan barat merupakan dataran tinggi, yaitu di wilayah Skotlandia dan Wales. Puncak yang tertinggi adalah Gunung Ben Neevis (1.343 m) di Skotlandia yang merupakan gunung tertinggi di Inggris
Sungai di Inggris umumnya pendek- pendek. Sungai-sungainya antara lain adalah Sungai Thames yang mengalir ke Terusan Bristol (Laut Celtic).
b.      Iklim
Iklim di Inggris dipengaruhi oleh laut. Keadaannya sejuk dan basah, serta hampir sepanjang tahun mengalami suhu di atas titik beku. Dilihat dari segi letaknya yang berada di daerah lintang sedang. Curah hujan rata-rata lebih dari 1000 mm per tahun. Suhu rata-rata pada musim dingin antara 4oC-5oC, sedangkan pada musim panas 12oC-16oC. Di bagian selatan, suhu rata-rata pada musim panasmencapai 27oC.
c.      Budaya
Inggris sangat maju dalam bidang kebudayaan, baik dalam bidang teknologi, pendidikan maupun dalam bidang seni. Banyak penemuan baru yang ditemukan oleh ahli-ahli Inggris. Penemua mesin uap oleh James Watt, korek api oleh John Walker, dinamo oleh Michael Farady, sepeda motor oleh Edward Butler, tank oleh Ernest Swinton, dan mesin jet oleh Frank Whittle, merupakan contoh dari sederet penemu yang berasal dari Inggris. Universitas Oxford dan Cambridge merupakan universitas tertua di Inggris yang telah menghasilkan ilmuwan-ilmuwan. Perpustakaan yang tergolong besar, seperti The British Library serta museum yang terkenal di dunia, yaitu The Victoria dan Albert Museum, terdapat di London.
d.     Perekonomian
1.      Perindustrian
Kota Birmingham dan Sheffield adalah pusat utama industrinya dan merupakan kota industri tertua di Inggris. Pusat industri kedua di kawasan ini disebut The Black Country. Hasil industrinya, antara lain besi dan baja, berbagai jenis mesin, pesawat terbang, kapal, mobil, lokomotif, bahan-bahan kimia, alat-alat persenjataan, alat-alat pertanian, elektronik dan perkakas rumah tangga.
2.      Pertambangan
Hasil tambang yang utama di Inggris adalah batu bara. Hasil tambang lainnya adalah bijih besi, tembaga, timah, dan garam. Pertambangan minya bumi dan gas alam terdapat di Laut Utara.
3.      Pertanian dan Peternakan
Pertanian dan peternakan diusahakan secara intensif.  Hasil-hasil pertaniannya, antara lain gandum, barley, gula bit, kentang dan buah-buahan. Hasil-hasil peternakan, antara lain susu, daging dan wol (dari domba meriono).
4.      Perikanan
Perikanan di Inggris sangat maju karena didukung oleh armada kapal penangkap ikan yang modern. Kota pelabuhan ikan, seperti Hull dan Grimsby di Laut Utara.

e.      Penduduk
Urbanisasi Inggris telah berlangsung sejak lama, sekita 95,5% penduduknya tinggal di kota, kepadatannya 233 jiwa/km2 . pertambahan penduduknya rata-rata hanya 0,2% per tahun.
Penduduk Inggris ada dua kelompok, yaitu penduduk pendatang (dari Asia, Afrika, atau lainnya) dan penduduk asli. Seluruh penduduk asli Inggris disebut orang Inggris. Penduduk asli terbagi atas dua kelompok, yaitu orang Kelt (Skotlandia, Irlandia, Wales) dan orang Germania (Anglo Saxon, Jute, Denmark, Norman).
f.       Bentuk Pemerintahan
Bentuk pemerintahan di Inggris adalah monarki konstitusional. Kepala negaranya seorang ratu (saat ini dipimpin oleh Ratu Elizabeth II), sedangkan kepala pemerintahannya adalah perdana menteri yang membawahi menteri-menteri. Adapun parlemen di Inggris terdiri dari majelis rendah (House of Commons) dan majelis tinggi (House of Lords). Partai-partai di Inggris terdiri dari Partai Konservatif, Partai Buruh, dan Partai Liberal. Partai yang paling berpengaruh pada kehidupan berbangsa dan bernegara di Inggris adalah Partai Konservatif dan Partai Buruh.

No comments:

Post a Comment