Thursday, March 13, 2014

Dampak Narkoba dan Seks Bebas



Awas Bahaya Narkoba dan Seks Bebas

Akhir - akhir ini banyak terdengar warga Indonesia khususnya pemuda – pemudinya menggunakan Narkoba dan melakukan seks bebas. Tentu perbuatan tersebut dilarang agama terutama agama Islam. Lalu apas ih dampak negatif dari penggunaan Narkoba dan melakukan seks bebas?

Dampak negatif dari penggunaan Narkoba tidak hanya terjadi pada fisik saja, tetapi pada psikis serta kehidupan social si pengguna. Secara fisik pengguna Narkoba dapat mengalami gangguan pada system saraf, seperti kejang – kejang dan halusinasi. Pengguna narkoba juga dapat menderita gangguan pada jantung, kulit, paru-paru dan penurunan fungsi hormon reproduksi serta gangguan fungsi seksual. Pengguna akan sering sakit kepala, merasa mual serta muntah-muntah, dan sulit untuk tidur. Bagi pengguna narkoba melalui jarum suntik, khususnya pengguna yang memakai jarum suntik bersama, dapat menyebakan penyakit hepatitis B, C dan HIV. Parahnya lagi, pengguna narkoba yang menggunakan narkoba melebihi kemampuan tubuh untuk menerimanya, bisa mengalami over dosis yang dapat menyebabkan kematian. Selain itu, pengguna narkoba akan menjadi lamban bekerja, hilang kepercayaan diri, suka berkhayal, sulit berkonsentrasi, cenderung untuk menyakiti diri sendiri. Biasanya pengguna narkoba lama kelamaan akan mengalami gangguan mental, anti-sosial dan asusila yang akan menyebabkan si pengguna menjadi dikucilkan oleh lingkungan, pendidikan akan terganggu dan menjadi beban keluarga.

Bukan hanya narkoba, seks bebas pun memiliki dampak negatif. Banyak orang melakukan seks karena terbawa perasaanya terhadap lawan jenis, padahal melakukan seks bebas sangat merugikan, terutama bagi perempuan. Melakukan seks bebas dapat menyebabkan kehamilan yang tidak diinginkan, sehingga seseorang yang hamil di luar nikah tetapi tidak menginginkan hal itu akan melakukan aborsi. Tindak aborsi juga sangat berbahaya  karena dapat menyebabkan kemandulan hingga kanker rahim. Bagi orang yang masih sekolah, hal ini akan menganggu pendidikannya. Melakukan seks bebas juga dapat menyebabkan penyakit kelamin, seperti Gonnorhea, sifilis dan HIV-AIDS. Biasanya seseorang yang melakukan seks bebas akan dihantui oleh rasa bersalah dan beban mental. Seperti halnya pengguna narkoba, orang yang ketahuan melakukan seks bebas pun akan dikucilkan oleh lingkungannya.

Jadi, kesimpulannya jangan sekali-kali mencoba Narkoba dan melakukan seks bebas! Akan lebih baik jika mengisi waktu luang kita dengan hal-hal yang lebih bermanfaat.

No comments:

Post a Comment